Pengumuman
 Pengumuman Pemenang Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Download Buku Panduan Pelatihan Pelopor Madya Penataan Ruang Tahun 2014                         Penjaringan Prakarsa Pengembangan Kawasan Perdesaan Berkelanjutan                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        
SARAN DAN PENGADUAN
LAYANAN INFORMASI PUBLIK
BUKU TAMU

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 4 September 2009 | Program

SARBAGITA, METROPOLITAN DI JANTUNG BALI

Status metropolitan yang kini disandang oleh Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan (Sarbagita) bagi masyarakat Bali masih menjadi polemik. Sarbagita yang saat ini sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, tidak secara otomatis membuat masing-masing kota yang ada didalamnya juga menjadi PKN. Ada yang menjadi inti yaitu kota Denpasar dan yang lainnya menjadi kota satelit. Direktur Penataan Ruang Wilayah IV Sri Apriatini Soekardi mengatakan dalam paparan konsep akhir Peningkatan Pelaksanaan Penataan Ruang Kawasan Metropolitan Sarbagita, di Jakarta (1/9).

Lebih lanjut Sri menambahkan, berbeda dengan metropolitan lainnya, di Kawasan Sarbagita sektor pertanian masih dipertahankan sebesar 60%, melalui subak yaitu organisasi kemasyarakatan yang secara khusus mengatur sistem perairan sawah. Selain itu, sektor perekonomian Kawasan Sarbagita lebih kompetitif dibandingkan dengan Provinsi Bali, yaitu tercatat sekitar 38,69% lebih tinggi atau sekitar 788 milyar.

Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali Raka Hudyana menjelaskan, berdasarkan Peraturan Daerah No. 3/2005 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Bali, terdapat aturan yang menyebutkan bahwa bangunan yang terdapat di Bali tidak boleh lebih tinggi dari pohon kelapa, yang diasumsikan setinggi 15 meter.

Selain itu, peningkatan pelaksanaan penataan ruang kawasan metropolitan Sarbagita harus mempertimbangkan adanya aspek-aspek lokal yang terdapat di Provinsi Bali. Seperti kawasan perlindungan setempat, kawasan tempat suci yaitu mencakup danau, gunung, dan sungai, dan tempat suci yang mencakup tempat ibadah agama Hindu, ujar Ngakan Putu Kirin selaku perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali.

Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Lintas Wilayah II Doni Djanarto Widiantono mengungkapkan, harus ada strategi yang tegas dalam peningkatan pelaksanaan penataan ruang kawasan metropolitan Sarbagita, khususnya aspek budaya yang sangat kental di Bali. “Role Sharing swasta dan masyarakat dalam mengisi ruang harus dipertimbangkan, karena Kawasan Sarbagita merupakan Kawasan Strategis Nasional,” tegasnya.

Seperti dijelaskan dalam Rencana Tata Ruang Kawasan Metropolitan Sarbagita, tulang punggung perekonomian Provinsi Bali adalah Sarbagita. Selain itu, Sarbagita merupakan salah satu pusat perkembangan nasional dengan tiga sektor utama, yaitu pariwisata, pertanian, dan industri pendukung pariwisata. Struktur sosial budaya masyarakat yang dipengaruhi tata kehidupan agama Hindu (Tri Hita Kirana) telah membentuk Sarbagita menjadi metropolitan dengan karakteristik tersendiri, imbuh Doni.
Kegiatan ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Ditjen Pembinaan dan Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri, Ditjen Bina Marga, Ditjen Cipta Karya, dan Ditjen Sumber Daya Air Departemen PU. (ww/ibm)



Sumber : admintaru_040909


  BERITA DARI MEDIA
11/8/2014 | http://merantionline.com
Pengesahan RTRW Riau Sinyal Bagus Bagi Pansus RTRW Meranti
11/8/2014 | http://www.republika.co.id/
Gubernur Sebut Tata Ruang Kepri Ancam Investasi
11/8/2014 | http://beritakotamakassar.com/i
Pemkot Harus Peka dengan Perkembangan Kota
9/8/2014 | http://wartaekonomi.co.id/
Menhut: Rencana Tata Ruang Riau Belum Final
6/8/2014 | detik.com/
Jembatan Kenjeran akan Dibangun Tahun Ini

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2013
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2013 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611