Pengumuman
 Download File Cover Laporan Kegiatan 2014 (Info Lengkap Hub. Perpustaakaan DJPR 021-7221336)                         Jajaran dan Staf Direktorat Jenderal Penataan Ruang mengucapkan selamat dan sangat bangga atas terpilihnya Bapak DR. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019.                         Anda PEDULI TATA RUANG ? AYOOO... Laporkan bila terjadi Pelanggaran Penataan Ruang, Hubungi : Sekretariat PPNS Penataan Ruang di 021-72784660                        

  BERITA PENATAAN RUANG
Home
 


 5 April 2012 | Nasional

Delapan Perpres tentang RTR Pulau dan KSN Disahkan

Penyelesaikan delapan Peraturan Presiden dalam waktu satu tahun merupakan prestasi karena proses legalisasi bukanlah sesuatu yang mudah dan memakan waktu yang panjang. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Imam S. Ernawi dalam acara peluncurkan delapan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Pulau/Kepulauan dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) di Jakarta (4/4).

Lebih lanjut, Imam menambahkan perlunya keseriusan dalam memantau implementasi dan mengevaluasi pelaksanaannya setiap tahun, khususnya yang merupakan tugas Pemerintah di daerah, baik lingkup pulau maupun KSN.

Kedelapan Peraturan Presiden yang dimaksud adalah empat Perpres tentang RTR Pulau/Kepulauan dan empat Perpres tentang RTR KSN, yaitu Perpres No. 88/2011 tentang RTR Pulau Sulawesi, Perpres No. 3/2012 tentang RTR Pulau Sumatera, Perpres No. 13/2012 tentang RTR Pulau Kalimantan, Perpres No. 28/2012 tentang RTR Pulau Jawa-Bali, Perpres No. 45/2011 tentang RTR Kawasan Perkotaan Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan (Sarbagita) Provinsi Bali, Perpres No. 55/2011 tentang RTR Kawasan Perkotaan Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata) Provinsi Sulawesi Selatan, Perpres No. 62/2011 tentang RTR Kawasan Perkotaan Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo (Mebidangro) Provinsi Sumatera Utara, dan Perpres No. 87/2011 tentang RTR Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) Provinsi Kepulauan Riau.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional, Iman Soedradjat menjelaskan bahwa penyusunan Perpres ini telah memakan waktu yang cukup lama dan sempat mengalami pergantian penanggung jawab. Salah satunya adalah penyusunan RTR Pulau yang sudah mulai dilakukan pada tahun 1997 yang saat itu diinisiasi oleh Pusat Kajian Strategis Sekretariat Jenderal Departemen Pekerjaan Umum, dan dilanjutkan oleh Direktorat Jenderal Penataan Ruang hingga sekarang.

Perpres tentang Rencana Tata Ruang Pulau/Kepulauan dan KSN merupakan rencana rinci dari Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN). Muatan rencana rinci di antaranya adalah tujuan, kebijakan dan strategi penataan ruang, rencana struktur dan pola ruang, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang, strategi operasionalisasi perwujudan struktur dan pola ruang, serta indikasi program jangka menengah lima tahunan.

Terkait hal tersebut, Imam kembali menegaskan tanggung jawab dari setiap tim penyusun Rancangan Perpres tentang RTR Pulau/Kepulauan dan KSN, yaitu untuk mengawal tugas Pemerintah Pusat. Peran dan tanggung jawab setiap sektor merupakan penentu terlaksananya RTR dalam upaya melindungi dan memaksimalkan fungsi dari tiap KSN dan Pulau/Kepulauan.

Namun demikian, Imam mengingatkan bahwa masih banyak tanggung jawab Ditjen Penataan Ruang terkait penyusunan Rancangan Peraturan Presiden tentang RTR KSN yang menunggu untuk diselesaikan. Setidaknya terdapat lebih dari 70 Pulau/Kepulauan dan KSN yang rencana tata ruangnya harus ditetapkan dengan Peraturan Presiden sesuai amanat PP No. 26 tahun 2008.(rr/har)


Sumber : admintaru_050412


  BERITA DARI MEDIA
23/12/2014 | http://www.mediaindonesia.com
Aturan Tata Ruang Direvisi
15/12/2014 | http://jakarta.bisnis.com/
Ruang Terbuka Hijau: DKI Targetkan Tambah 50 Ha
15/12/2014 | http://nasional.republika.co.id
Cegah Macet, Tata Ulang Ruang Jakarta Diperlukan
7/12/2014 | http://nasional.kontan.co.id/
BNPP geber 9 Perpres Tata Ruang Kawasan Perbatasan
6/12/2014 | http://www.rri.co.id/post/
Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi Terbaik se Indonesia

 



Total Pengunjung :
  · Perpustakaan
  · e-Procurement
  · Visualisasi Metropolitan
  · Metadata
   
   
· Balai Informasi Penataan Ruang
· SUD Forum Indonesia
· Rencana Perkotaan di Provinsi OSAKA
· Hari Tata Ruang Nasional (WTPD) 2014
· RTRWN
· RTR PULAU DAN RTR KSN
· Status Perda RTRW
· Database RTRW Prov, Kab. dan Kota
· Informasi Perkotaan
· Program dan Anggaran
· Peraturan dan Perundangan (SIKUMTARU)

© 2004 - 2014 # v5.0. DIREKTORAT JENDERAL PENATAAN RUANG - KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM - All rights reserved
Gedung Ditjen SDA & Ditjen Penataan Ruang Lt.4 Jl. Pattimura No. 20 Keb. Baru Jakarta Selatan 12110 Telepon/Fax : 021-7231611, Email : datinpr@pu.go.id